Bagaimana saya belajar hypnosisis?.


Ditulis oleh : Idrus perkasa putra

Mas, gimana sih biar bisa mahir dalam hipnosis?"

Sebagai trainer hypnosis dan hypnotherapy pertanyaan seperti ini sering saya jumpai baik dalam kelas pelatihan maupun melalui chatting di facebook. Bahkan tidak hanya saya saja, namun kita yang berprofesi sebagai trainer hypnosis dan hypnotherapy sering menjumpai pertanyaan seperti ini bukan?

Nah, dari sinilah kita menjadi tahu proses tahapan belajar manusia, yang pada dasarnya ada 4 tahap yaitu :
1. Unconscious Incompetence (tidak tahu bahwa tidak bisa)
2. Conscious Incompetence (tahu bahwa tidak bisa)
3. Conscious Competence (tahu bahwa bisa)
4. Unconscious Competence (tidak tahu bahwa sudah bisa)

Dan sekarang mari kita baca ilustrasi berikut...Pada tahap pertama, yaitu Unconscious Incompetence yang berartikan "kita tidak tahu kalau kita tidak tahu". Sebagai contoh sewaktu kita masih kecil, kita masih belum mengetahui cara untuk naik sepeda. Dan karena adanya interaksi dengan orang dewasa atau lingkungan kita pada saat itu, maka akhirnya kita pun menjadi tahu bahwa kita belum untuk menaikinya (Conscious Incompetence). Dan selanjutnya kitapun mulai belajar untuk naik sepeda dan pada akhirnya bisa menaikinya dengan sempurna (Conscious Competence). Sekarang, kita bahkan tidak sadar lagi bahwa kita bisa naik sepeda dengan sempurna (Unconscious Competence).  Hal ini, yang dulunya kita pelajari dengan begitu susah payah, dan tentunya tidak sekali saja mengalami jatuh bangun, bahkan ada yang sampai kaki lengan atau lututnya berdarah-darah karena jatuh, Dan sekarang ini telah menjadi kecakapan yang bekerja secara otomatis.


Begitu pula disaat awal kita mempelajari hypnosis, saat kita belum pernah tahu seperti apa dan bagaimana proses terjadinya hypnosis karena kita hanya menonton di TV atau YouTube inilah Unconscious Incompetence, dan setelahnya kita mulai bertanya kepada orang yang kita kira sudah mempelajari hypnosis sehingga kita menjadi tahu namun masih belum bisa melakukan hypnosis, inilah Conscious Incompetence. Lalu setelahnya kita menjadi lebih intens dalam belajar dan mempraktekkan hypnosis, namun dalam prakteknya kita masih berpikir "how to" untuk membuat orang masuk dalam hypnosis state mulai dari pre-induction hingga termination, inilah tahap terberat yaitu Conscious Competence. Sehingga pada akhirnya untuk melakukan hypnosis pun sudah mengalir begitu saja tanpa harus berpikir lagi cara untuk membuat orang masuk dalam hypnosis state inilah hal luar biasa yang dinamakan Unconscious Competence.

Dan saya kira, yang perlu sama-sama kita ingat adalah, "skill apapun dapat kita pelajari bila kita MAU dan berusaha MAMPU untuk melakukannya" karena "if anyone can do something, we can to learn it"

Salam Belajar!!!

0 Response to "Bagaimana saya belajar hypnosisis?."

Post a Comment

wdcfawqafwef